Kamis, 09 Juli 2009

kampungku


Seberapa cinta kah anda terhadap kampung anda? Kampung merupakan salah satu potensi terbesar di negri ini. Tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Dari kampung lah kita berasal, bahkan dari nenek moyang kita dulu. Dikarenakan kebutuhan hiduplah orang-orang banyak yang meninggalkan kampung halaman. Akibatnya kampung menjadi terbengkalai, ditinggalkan oleh orang-orang yang sebenarnya mempunyai potensi untuk mengembangkan kampung. Mereka banyak mengejar
kehidupan di kota yang katanya banyak menjanjikan, banyak yang berhasil memang, tetapi lebih banyak lagi yang menjadi penyakit masyarakat.

Dibutuhkan mimpi yang kuat untuk memulai karya di kampung, karna tanpa disadari banyak rintangan yang akan kita jumpai terutama dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang dengan sengaja menghalang-halangi niat baik kita, dengan alasan beribu-ribu alasan yang sangat tidak masuk diakal. Dikampungku sampai sekarang jalan masih sangat rusak tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, dan listrik pun belum ada. Sebenarnya banyak cara untuk menunjukkan bahwa kita sudah mulai mencintai kampung sendiri, asal kita punya keinginan yang kuat dan adanya dukungan dari masyarakat setempat.
Negara ku bisa kuat karena Kampung ku ditata dengan baik, tidak perlu lagi ke kota untuk mengejar kehidupan, matahari dan angin bisa dijadikan sumber energi yang berlimpah, sawah, ladang, kali dan laut bisa menjadi sumber penggerak ekonomi, dan kehidupan sosial budaya bisa menjadi sumber daya tarik wisata.

Tidak ada komentar: